KARANG TARUNA PRAMARTHA JAYA DINILAI TIM PROVINSI

(denpasarkota.go.id), Karang Taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan adalah wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda di Desa atau Kelurahan. Pada dasarnya karang taruna merupakan potensi daya sosial masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan permasalahan sosial yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut disampaikan Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Walikota Denpasar, I GN Jaya Negara, pada acara penilaian Karang Taruna Berprestasi Propinsi Bali, Selasa (28/7) di Br. Kaja Kelurahan Panjer Kecamatan Denpasar Selatan.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan untuk menangani permasalahan sosial ditingkat desa maupun kelurahan perlu terus diupayakan peningkatan prakarsa dan peran aktif Karang Taruna guna memperjelas posisi, misi serta peranan Karang Taruna dalam penanganan masalah sosial di lingkungannya. Disamping itu timbulnya kenakalan remaja akhir-akhir ini akibat dari kurangnya wadah menyalurkan potensi mereka secara tepat. Untuk itu dalam kaitan ini karang taruna harus menjadi wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat, minat dan hobi para pemuda. Dengan demikian dapat dicegah perilaku para remaja dan pemuda yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Disisi lain menurut Rai Mantra, saat ini terdapat 27 permasalahan kesejahteraan sosial diantaranya kemiskinan, kecacatan, keterlantaran, ketunaan sosial dan korban bencana. Dalam penanggulangan permasalahan dimaksud Karang Taruna hendaknya mampu sebagai penggerak partisipasi masyarakat dalam ikut penanganan masalah sosial.

I Nyoman Puasa, ketua tim penilai mengingatkan penilaian bukan hanya sekadar mencari yang terbaik, namun tim akan sekaligus melakukan evaluasi terhadap program kerja yang dilaksanakan oleh karang taruna bersangkutan. Penilaian juga dalam upaya menyamakan persepsi mengembangkan karang taruna kedepan lebih baik dengan inovasi kreativitas yang disesuaikan potensi wilayah. Sementara itu Nyoman Handika , Ketua Karang Taruna Pramartha Jaya dihadapan tim penilaian yang juga dihadiri Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S)Kota Denpasar Ny. I.A Selly D. Mantra mengatakan Karang Taruna yang dipimpinnya berdiri pada 3 Juli 1989 yang didukung oleh 9 Banjar yang berada di Kelurahan Panjer. Kehadiran Karang Taruna yang berada ditengah-tengah jantung Kota Denpasar ini untuk ikut mewujudkan kemandirian generasi muda dalam melaksanakan pembangunan di bidang kesejahteraan sosial. Salah satu program yang dilaksanakan dalam usaha mencegah dan mengendalikan serta mengatasi permasalahan sosial di wilayahnya dengan menciptakan usaha ekonomis produktif diantaranya usaha pengrajin ingke, usaha bengkel, kelompok pengrajin sablon dan budidaya tanaman hias. (Pur)

Komentar

Postingan Populer